KAMU PASTI GAGAL

Fenomena krisis iman telah banyak menjangkiti muslim di Indonesia. Maraknya konversi agama (murtad) merupakan salah satu bukti yang cukup jelas.

Salah satu fenomena tersebut terekam jelas dalam sebuah dialog antar hati antara seorang dosen dan mahasiswanya di sebuah Perguruan Tinggi swasta yang menyandang atribut keislaman di Surakarta. Kebetulan saja mahasiswa tersebut mengambil jurusan ushuluddin. kata ushuluddin seringkali diplesetkan menjadi uculuddin (kata “ucul” dalam Bahasa Jawa berarti “lepas”, jadi kata uculudin dimaknai denagn “lepas dari agama”) yang cukup mewakili fenomena konversi agama para mahasiswa tersebut.

Dosen    : “Saya dengar dari teman-temanmu kamu sudah pindah agama. Apa kabar itu benar ?”

Mahasiswa    : “Benar Pak. saya hari ini adalah penganut agama Kristiani.”

Dosen    : “Lho. kenapa kamu harus pindah agama ?”

Mahasiswa    : “Saat ini saya sedang memperdalam Perbandingan Agama, Pak. Saya mempelajari secara mendalam agama lain secara langsung dengan menganutnya. Dengan demikian penilaian saya terhadap spiritualitas dan ajaran agama lain akan lebih obyektif dan mendalam. Hal ini juga untuk mengetahui tentang berbagai fenomena pengalaman bathin yang dialami oleh sejumlah penganut agama.”

Dosen    : “Apakah berarti pada hari lain kamu juga kan pindah ke agama lain lagi ?”

Mahasiswa    :  “Tentu saja, Pak. Saya pasti akan melakukannya.”

Dosen    : “Oh. Kalau begitu sebaiknya kamu kembali masuk Islam saja. karna saya anggap kamu sudah gagal ketika kemarin kamu memeluk agama Islam. saya juga yakin kamu juga akan gagal untuk mempelajari agama lain dengan caramu itu.

Mahasiswa    : “Lho. kenapa bisa begitu Pak ? Apa alasannya ?

Dosen    : “Dalam ajaran Islam ada larangan untuk murtad bagi pemeluknya. Sekarang kamu sudah keluar dari Islam. Itu berati satu ajaran dalam islam belum bisa kamu jalani dengan baik. Itu kan sama artinya kamu sudah gagal menjadi seorang muslim ?. Maka saya juga yakin kamu akan gagal ketika melaksanakan agama lain. Lebih baik kamu berhasil menjalankan agama Islam dengan baik namun gagal menjalankan agama lain daripada kamu  gagal dalam semua agama.”

Mahasiswa    : “!!!!!????”

Tinggalkan Balasan

